Berbuat Baiklah Kepada Tetanggamu

 on Wednesday  

Berbuat baiklah kepada tetanggamu. Mungkin judulnya kurang menarik untuk dibaca, apalagi isi yang akan saya tulis disini.

Berbicara tentang tetangga tentunya kita akan sering menemukan tentang sesuatu hal yang bisa membuat sakit hati. Sebaik apapun tetangga pastinya juga tak pernah uput dengan kesalahan. Begitupun sebaliknya kadang tingkah laku kita, gaya bicara kita termasuk cara bergaul kita terkadang juga tanpa kita sadari bisa menyinggung ataupun membuat sakit hati tetangga-tetangga kita.
Sebagai contoh kecil, disaat tetangga kita sedang mengalami permasalahan dan kita tidak tahu permasalahan yang dia hadapi kemudian kita menampakkan tingkah laku yang tidak seperti biasaya tiba-tiba tetangga kita jadi tersinggung dan merasa sakit hati kepada kita.

Contoh yang belum lama saya alami sendiri, ketika saya sedang menemui permasalahan dan kebetulan keluarga saya bisa dikatakan tidak kaya dalam ukuran duniawi. Saat itu saya bertanya dengan salah satu tetangga saya yang saya melihat kehidupanya cukup kaya dibanding kehidupan saya. Saat itu lampu padam, jadi wajar jika saya menanyakan kepadanya, "Apakah listrik di rumahmu juga padam?..." 

Saya menanyakannya dengan nada sopan dan halus kepadanya. Tapi apa yang terjadi Dia menjawabnya dengan banyak sekali jawaban, dengan raut muka tidak seperti biasanya serta dengan nada yang tidak mengenakkan hati. Hatiku merasa sakit dan penuh penyesalan mengapa aku tadi menanyakan hal itu kepadanya. Padahal pertanyaan yang seperti itu saya kira juga tidak menyinggung perasaanya.

Meskipun sampai saat ini hatiku masih terasa sakit jika teringat kejadian tersebut, tapi begitu susahnya hati saya untuk berbaik sangka atau husnudlon kepada Dia. Siapa tahu saat itu Dia juga sedang mengalami masalah pribadi yang membuatnya tidak sadar dengan apa yang Dia ucapkan.

Dari kejadian yang saya alami tersebut setidaknya bisa saya jadikan pelajaran yang sangat berharga, bahwa berbuat baik kepada tetangga itu wajib dilakukan. Karena pada suatu saat nanti disaat kita mengalami kesusahan yang amat sangat pasti tetangga dekatlah yang pertama tahu, dan pastinya juga kita akan membutuhkan bantuannya.

Dan pelajaran yang lebih penting lagi bagi saya adalah, jangan sekali-kali menampakkan raut muka yang tidak baik kepada tetangga, jangan sekali-kali menjawab apa yang ditanyakan tetangga-tetangga kita dengan nada yang tidak mengenakkan hati. Karena jika itu terjadi tentunya salah satu diantara tetangga-tetangga kita juga akan merasakan hal yang sama seperti yang saya alami yaitu sakit hati.

Tetap berusaha untuk berbuat baik kepada seluruh tetangga, saudara-saudara kita, sanak famili kita serta berbuat baik kepada semua orang. Berusahalah untuk melupakan segala permasalahan yang kita alami saat bertemu ataupun berkumpul dengan tetangga kita.
Berbuat Baiklah Kepada Tetanggamu 4.5 5 Aan Rizdan Wednesday bahwa berbuat baik kepada tetangga itu wajib dilakukan. Karena pada suatu saat nanti disaat kita mengalami kesusahan yang amat sangat pasti tetangga dekatlah yang pertama tahu, dan pastinya juga kita akan membutuhkan bantuannya. Berbuat baiklah kepada tetanggamu. Mungkin judulnya kurang menarik untuk dibaca, apalagi isi yang akan saya tulis disini. Berbicara ten...


No comments:

Post a Comment